Rabu, 11 Mei 2016

Permainan Igo / Go / Baduk (Kenalan)

aplikasi Go Free

Ini namanya permainan Go atau Igo (Jepang apa China ya? Lupa..haha) atau Baduk (Korea). Pertama lihat permainan ini di serial drama korea judulnya Reply 1988. Aku pikir itu permainan kayak catur gitu, otak saya langsung males responnya,.soalnya catur banyak aturan (alasan! Baca : gak bisa mainnya 😁😁). Selang beberapa hari nemu sebuah hot thread di Kaskus yang bahas tentang Baduk ini. Iseng aku baca, eh ternyata Baduk ini sangat menarik lho. Kurang lebih inti permainan ini
yaitu memperluas wilayah dan mempertahankannya sampai mati. Waaah asah otak nih, suka suka suka 😊. Di dalam thread itu sendiri juga di cantumkan website untuk belajar aturan main Baduk. Coba deh aku buka, dan coba baca, memahami dan praktek. Hmmmm buat aku cuma butuh waktu satu jam untuk memahami aturan-aturan dan cara mainnya.

Tapiiiiii masalah muncul saat aku coba main langsung melawan CPU (download aplikasi Baduk di PlayStore), atur strateginya susah bener, kalaaaah mulu. Padahal itu masih buat pemula, ukuran papannya 9x9, gimana sama papan yang 19x19, bisa modar aku, hahaha. Pantesan si Choi Taek (salah satu tokoh dalam drama Reply 1988 yang jago baduk) main sampek belasan jam sekali tanding πŸ˜„. BTW itu gambar di atas udah game yang ke-7, dan kalah juga πŸ˜₯. Memang bener kata si penulis thread, .butuh sekitar sejam untuk memahami cara bermainnya (tergantung konsentrasi masing-masing orang), tapi mungkin butuh waktu seumur hidup untuk mempelajari strateginya. Betuuuul banget itu. Intinya saya suka permainan ini, dan akan aku coba terus sampek menang pertama πŸ˜€.

Tapi gara-gara permainan ini konsentrasiku buat hafalan kosa kata Hanguk jadi buyar yar yar 😭. Ingat Tiwi, Hangukeo prioritas lho ya saat ini!!!

PS : teman-teman juga bisa baca tulisan ini di tumblr aku (tiwistatistika.tumblr.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar