Sabtu, 11 Juni 2016

PENGALAMAN SERU BERLIBUR KE AIR TERJUN MADAKARIPURA, PROBOLINGGO, JAWA TIMUR, INDONESIA

Patih Gajahmada, ikon wisata Air Terjun Madakaripura

Assalamualaikum wr wb...!

안녕하세요…!

Tulisan ini special aku persembahkan kepada para personil GJ, Puput, Lida, Farida, Nariza, Andre dan adikku Yogi. Selamat membaca dan maaf kalau ada yang kurang berkenan, hehehe. Selamat bernostalgila!!

Setelah sekian lama mau posting tulisan ini gak jadi-jadi, akhirnya terbit juga. Akhirnya dengan sengaja aku menunggu tanggal yang pas buat posting, yaitu tanggal 11 Juni 2016. Nah tanggal ini pas satu tahun yang lalu aku dan teman-teman berlibur ke air terjun Madakaripura. Hmmm langsung saja yuuk kita simak cerita kami.

Pintu masuk menuju air terjun Madakaripura (maaf ada bidadari narsis, hihi)

Madakaripura, tempat wisata berupa air terjun yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo Jawa timur. Lokasinya berdekatan dengan tempat wisata Gunung Bromo. Bisa dibilang satu jalur dengan Gunung Bromo. Aku tidak terlalu hafal jalan menuju kesana, namun yang aku ingat di pertengahan jalan menuju Gunung Bromo, ada pertigaan, kalau mau ke Gunung Bromo lurus saja, tapi kalau mau ke madakaripura belok ke kanan, udah gitu aja, selanjutnya aku lupa, hehe. Sebelumnya aku sama sekali tidak tahu kalau ada tempat yang sangat bagus seperti Madakaripura. Padahal lokasi rumah aku (Situbondo) cukup dekat dengan tempat wisata ini (4 jam perjalanan). Pertama kali tau ada tempat bagus seperti ini dari tayangan Jalan-Jalan Men. Kalian bisa lihat tayangan tersebut di Youtube. Aku langsung jatuh cinta dengan tempat itu (walaupun baru lihat vidionya). Aku langsung cari-cari info di mbah Google tentang Madakaripura, dan ternyata sumpah baguuuus banget. Dalam hati berkata suatu hari nanti aku harus bisa sampai ke sana!

Singkat cerita, aku mulai mencari pasukan buat di ajak kesana. Awalnya aku mengajak teman-teman kosku (waktu itu aku kuliah di Surabaya) untuk kesana, fix. Tapi lama-lama mulai mrotoli satu-satu, dan malah gak ada yang bisa ikut, hadeeeh. Akhirnya aku inisiatif mengajak teman-teman kampusku. Awalnya mengajak teman kampus yang satu kos sama aku, ada Fitriarma Putri Santoso alias si Puput, Maulida Nurhidayati alis si Lida dan Mbak Fitrotul Hidayati alias Mbak Pipit, tapi Mbak Pipit gak jadi ikut karna harus menemui suami tercinta, hihihi. Baru dapat dua orang. Puput ini temen kuliah aku satu jurusan. Puput asik orangnya, sabar ke aku, tau lah kalau aku lagi gak mood. Untungnya dia gak pernah marah, hehehe. Tapi pernah marah juga sih, hihi. Puput ini…. Best of the best dah pokoknya, lope yu puul maaak, hehe. Oh ya aku juga pernah liburan bareng Puput dan teman-temannya ke Gunung Bromo, ceritanya juga aku posting di sini lho. Kalian bisa baca disini. Seru banget deh waktu itu. Kalau Lida dan Mbak Pipit aku baru kenal waktu S2, soalnya mereka berasal dari bintang, eh dari kampus lain waktu S1, haha. Awal deket dan tau mereka waktu ada acara Ulang Tahun kampusku. Waktu itu kampusku ngadain acara dengan bintang tamu Yovie and Nuno. Nah mumpung gratis, aku dan teman-teman baruku (teman S2) nonton deh. Nyampek sana, ketemulah kami dengan robongan lain (robongan Mbak Pipit dan Lida). Awalnya bareng, lama-lama misah, aku terpisah dari robonganku, akhirnya aku ikut sama mbak pipit, lida dan lala. Ya sudah kami berempat jalan-jalan. Waktu itu aku malu-malu, karna belum deket sama mereka, hehehe. Aku gak pernah nyangka bisa deket sama Lida dan Mbak Pipit sampai sekarang. Lida itu gak pernah marah sama aku. Kalau dia marah, dia bakal diemin orang itu. Serem yak, hehehe. Dia sabaaaar banget. Mbak Pipit juga, dewasa dan sabar banget. Aku kan cewek satu-satunya di keluargaku, jadi aku seneng banget kalau lagi cerita-cerita sama dia, kayak kakak sendiri, solusinya selalu cocok dihatiku, hehe. Aku bersuyukur sekali punya teman-teman seperti mereka, sabar, karena aku orangnya kurang sabar, hahaha.

Lanjuuuut, kemudian aku mengajak teman kampus yang lain, pertama Farida Islamiyah alias si Farida, Nariza Wanti alias si Nariza dan Mbak kiki (maaf mbak Kiki aku lupa nama panjangmu, hehehe). Waktu mereka aku ajakin ke Madakaripura, mereka seneeeng banget. Apalagi habis aku tunjukin foto-foto dari Google. Farida paling semangat, hehehe. Tapi mbak kiki gak jadi ikut, aku lupa gara-gara apa ya, tapi kalo gak salah karna harus ke Jakarta. Farida ini ustadzah buat aku. Dari dia aku banyak dapat nasehat-nasehat agama yang sangaaat bermanfaat. Dia juga dosen pribadi aku. Kalau ada tugas yang aku gak ngerti, ya larinya ke kos dia. Dia sabar banget ngajarin aku sampek aku ngerti. Aku gak bisa balas semua kebaikan dia. Semoga Allah membalas semua kebaikan dia, aamiin. Semoga kita bisa ketemu lagi di Surga ya Daa, hehehe, aamiin ya Allah. Kalau Nariza ini unik. Orangnya nyantai bro. Asik ngobrol sama dia, kayak gak ada beban gitu. Pssst, dia ini JAGOOO banget MASAK, enak lagi. Aku inget banget, Puasa Ramadhan tahun lalu sahur di tempat dia dan dia yang masakin. Kalau ada teman sejurusan yang lagi ulang tahun, daripada traktir di luar mahal, mending belikan bahan-bahan, trus kasi ke dia, dimasakin, jadi deh, makan bareng. Gak kalah sama masakan di restoran, hehehe. Kalau aku, aku suka banget acar buatan dia, ueenak pool. Aku sempet minta resepnya, tapi belum dapet sampek sekarang, sibuk dan lupa, haha. Ya itulah sekilas tentang farida dan nariza. Tunggu aku di Kalimantan ya, kapan-kapan aku main kesana. Aamiin.

Hmmm baru lima orang, sedangkan mobil bisa diisi sama 7 orang. Akhirnya aku mengajak adikku tercinta Ari Suprayogi alias si Yogi. Yogi, yogi, yogi. Adekku satu ini orangnya sabar. Dia adek kandungku. Tapi secara sikap dan sifat dia lebih cocok jadi kakakku, ahaha (soalnya dia lebih sering ngalah, aku? Gak mau ngalah.). anaknya agak diem, tapi kalau lagi marah….hmmm hahahha hati-hati. Aku sama dia Cuma selisih 16 bulan, jadi ya sama-sama besar badannya, tumbuh bareng maksudnya. Tidak seperti kakak dan adik. Daaaan, sekedar informasi ya, dia ini gak pernah manggil aku “mbak”, mangilnya ya namaku langsung. Ya sudahlah kalau memang takdirnya begitu. Hahahaha.  Dan satu lagi personilnya yaitu Andriyanto alias si Andre. Andre ini temen kuliah tapi tidak satu jurusan, dia teman UKM Badminton di Kampusku. IBC itu lhoo, bagi yang belum tau bisa di baca disini, hehehe…. Alasanku ngajak si Andre ini karna pertama kami bisa hemat biaya sewa mobil (tanpa supir) karna Andre ini bisa nyetir mobil dengan sangat baik. Pengalamanku jalan-jalan sama dia pake mobil tuh enak banget, aman dah kalo jalan sama dia. Driver paling joooos dah. Kedua karena dia tau jalan ke madakaripura, hehehe (bias menghemat waktu tanpa harus bingung cari jalan lagi). Andre ini orangnya “koplak”, asik buat di ajak berkoplak ria. Dia juga homuris, jail, iseng (sama ya iseng=jail), cerewet dan ramee. Kalau ngobrol sama dia, gak bakal deh inget waktu. Ada aja bahan obrolannya. Berpengetahuan luas. Seru banget ngobrol sama dia.

Eeehh sudah sudah cerita tentang mereka. Lanjut saja yuks..!

Catatan :

Bagi pembaca CERIMU yang ingin kesana, bawa baju ganti ya. Bagi yang tidak suka basah, bias membawa jas hujan, tapi bagi yang suka basah-basahan langsung aja terjun. Lebih seru langsung terjun sih, asik.

Setelah menghitung-hitung biaya, persiapan dan lain-lain, akhirnya ditetapkanlah waktu buat berangkat kesana yaitu tanggal 11 Juni 2015. Perlu diketahui, Andre, adikku dan teman-temanku yang cewek belum saling kenal. Catat dan ingat itu ya. Rencana awal sudah dipastikan yaitu berangkat jam 5 pagi. Karena memperhitungkan jalanan yang belum sibuk kalau pagi dan supaya bisa cepat sampai di lokasi. Tapi ya kalian tau sendiri lah ya, cewek, Indonesia, janjian jam 5 tapi berangkatnya jaaaam….gak tau ya aku lupa (ini memalukan, molor banget soale, ahaha). Akhirnya setelah dijemput satu-satu sama Andre, berangkatlah kita, yeeeey (tapi belum sarapan). Awalnya di dalem mobil sepi-sepi aja, paling yang vocal Cuma aku sama Nariza. Kami cewek-cewek pada ngomongin masalah progress Tesis masing-masing, gosipin dosen juga kayaknya, hehe. Perjalanan lancaaaar, sampai kami mulai merasa kelaparan. Akhirnya kami makan di salah satu rumah makan di daerah sebelum masuk Probolinggo, aku pikir disana enak, soalnnya tiap lewat sana selalu rame mobil yang mampir, tapi ternyata biasa aja dan mahal. Ya sudahlah. Setelah cukup kenyang kami mulai melanjutkan perjalanan. Dari awal sepertinya (seingatku) aku dan temen-temen cewek sibuk gossip Tesis, akhirnya aku mulai ajak Andre ngobrol tentang teman-teman IBC kami, pengalaman kami jalan-jalan bareng dulu. Awalnya Cuma aku sama dia yang ketawa inget-inget masa lampau, eh ternyata temen-temen cewek juga ikutan nimbung dan ketawa bareng, akhirnya cair juga suasana di mobil (kecuali adekku, diem banget dia, entahlah, mungkin dia lelah hehe). Entah dari mana tau-tau si Andre dan Nariza mulai gombal-gombalan (baru kenal lho padahal), gombal parah lah (aku ketawa sambil ngetik nih, mereka lucu). Ya, awal keakraban kami, hehe.

Mulailah jalan memasuki kawasan wisata Bromo. Setelah belok kanan menuju jalan Madakaripura, jalannya mulai serem seru. Saranku kalau ada pembaca CERIMU yang mau kesana, bawalah driver yang handal dan harus tetap hati-hati. Jalannya dihimpit tebing dan jurang, tapiii pemandangannya baguuus banget. Berhubung driver kami adalah Andre, aku ngerasa biasa aja, gak takut, menikmati pemandangan di kiri kanan jalan (maaf bukan promosiin si Andre, hehe). Gak terasa kami sudah sampai di pos pintu masuk pertama Madakaripura sekaligus tempat bayar tiket masuk. Lagi-lagi si Andre beraksi pake bahasa Madura dia sama si Bapak Karcis. Aku lupa lupa lupa dapat diskon gak ya waktu itu, tapi harga tiketnya murah banget lho. Harga tiket masuk Madakaripura Cuma 5000 rupiah saja. Okay, tiket sudah beres, lanjut masuk. Begitu sampai, waaah legaaa, Ya Allah sampai juga aku kesini.

Tulisan ini sekedar pengalaman pribadiku ya, maaf kalau nanti aku banyak upload foto pribadiku. Mohon para pembaca untuk tidak menyalahgunakan foto saya. Saya belum mahir me-watermark foto-foto saya, hehe. Terima kasih.

Lanjut. Aku begitu terkesan dengan tempat ini, tanpa cap cis cus, aku dan teman-teman langsung ambil pose buat poto-poto, haha, niiih.

Cukup ya buat pembuka (pose dan tempatnya sama, haha). Kalau kalian lihat sepasang mbak dan mas di depan sepeda motor itu tuh, itu jalan yang harus kami tempuh. Begitu sampai tidak langsung bisa lihat air terjunnya, tapi harus jalan dulu sekita 20-30 menit. Sekedar info ya, dulu perjalanan menuju ke air terjunnya tidak mudah, harus melewati sungai di belakang. Kalau lagi musim kemarau sih gak apa-apa, sungainya kering jadi bisa dilewati. Tapi kalau lagi musim hujan wah airnya deras dan banyak bebatuan besar, bahaya. Tapi sekarang sudah mulai enak jalannya. Pemerintah setempat sudah menyediakan jalan setapak yang di semen, jadi gak perlu lagi susah-susah melewati sungai di bawah. Ini nih penampakan jalan yang sudah tersedia.

Sebelum ada jalan setapak itu, para pengunjung harus melewati sungai yang dibawah itu. Bisa dibayangkan kan kalau harus lewat sungai berbatu gitu, bisa satu jam baru sampai di lokasi air terjun, hehe.

Indah banget kan pemandangannya, kami melewati tebing dengan pepohonan rindang, hehe. Biar lebih seru aku juga punya video perjalan kami melewati jalan setapak itu, nih bisa buka link ini Perjalanan menuju Madakaripura 1 dan Perjalanan menuju Madakaripura 2 .

Gimana-gimana, seru kan perjalanan kami. Udah kenal kan sama petualang-petualang cantik, hihi.

Hmmm apa ya caption yang cocok buat driver kita ini? Hayati ngantuk Bang..hahaha

Setelah jalan cukup jauh, istirahat di warung yang tutup, sampailah kami di air terjun Madakaripura. Sesampainya di tepi air terjun, banyak pedagang yang menjual kantong plastik buat tempat tas kita supaya tidak basah, banyak juga yang menjual jas hujan plastik (seperti yang dipakai Nariza nanti) bagi yang tidak mau basah-basahan. Ada juga orang-orang lokal yang menyediakan jasa (tour guide gitu istilahnya) untuk memfoto kita dan menuntun bagi yang takut jatuh seperti saya. Berdasarkan pengalaman saya, saya sarankan bagi yang ingin berwisata kesini maksimal berusia 40 tahun, saya tidak menyarankan bagi orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Waktu itu jalannya sangat terjal dan licin sekali. Saya pribadi sangat merasa terbantu dengan Bapak guide ini, karna saya punya struktur telapak kaki yang lain daripada yang lain. Intinya saya gak bisa jalan di tempat yang licin karena kaki saya gak bisa menahan badan saya, dikamar mandi aja sering terpeleset, apalagi disini, hehe.

Begitu mulai turun kesungai, Subhanallah, di sekeliling mata,  air terjun jatuh berbaris rapi seperti tirai jendela, seperti rintik hujan yang turun dari atap, berbaris sangat indah. Subhanallah.

Basah? Sudah pasti langsung basah sah sah. Beruntung sekali bawa bapak guide, langsung dah minta di fotoin, hehe.

Ada sih fotoku yang jernih, tapi biar seru yang ini dulu aja deh, maaf ya Da, Za hehehe (lensanya kecipratan air).

Itu dari atas gak berhenti lho air jatuh kayak hujan, beneran kayak hujan. Aku gak bisa mendeskripsikan secara detail, terlalu indah, mending pembaca kesana sendiri saja dan rasakan, haha. Oh ya itu buntelan sebelah kanan deket batu bukan sampah ya, tapi tas kami yang sedikit terabaikan.

Dan inilah beberapa foto favorit aku, paling suka dengan foto ini. Dalam foto ini aku senyum dan sungguh senyum itu gak di buat-buat, aku bener seneng dan sangat bersyukur bisa sampai disitu, hehe.

Oh ya, itu semua baru di awal lho, belum ke air terjun utama, istilahnya baru pintu masuknya. Puas berfoto perjalanan lanjut. Nah ini jalannya sudah mulai sulit, karena harus naik tebing yang sempit, terjal dan licin, harus ekstra hati-hati. Aku gak sempat mengabadikan jalannya itu, udah sibuk sama pikiran bisa ato gak ngelewatinya. Aku sempet ragu, sumpah buatku itu susah jalannya. Aku kagum sama temen-temen yang lain bisa jalan sendiri tanpa bantuan. Farida pake rok, manjat tebing gak perlu dibantu, selamet dia nyampek ke air terjunnya. Lida, Puput dan nariza juga, hmmm keren, saya iri sama kaliaaaan! hahah. Tapi untung bapak guide membantu, duuh, tak terlupakan jalannya, Alhamdulillah sampai juga di air terjun utamanya. Dan waaaaaaah subhanallah! Allah maha Besar, siapa lagi yang bisa membuat tempat seindah itu? Manusia? Aku rasa tidak akan ada seorangpun yang bisa membuat tempat seindah itu. Subhanallah, aku menjadi semakin cinta dengan Allah. Luar biasa sekali ciptaanya ini. Luar biasa!

Begitu kita sampai di air terjun utama ini, kita seperti ada di dalam tabung raksasa dengan tembok tebing yang sangat tinggi dan indah. Sebagai info, ketinggian air terjun madakaripura ini sekitar 200 meter. Debit air yang jatuh deras sekali, namun saking tingginya begitu air sampai bawah sebagian besar berubah jadi butiran halus. Begitu kena badan, wah segernya minta ampun dah. Tak terlukiskan dengan kata-kata. Ini beberapa foto jarak jauh (jauh dari objek (kami maksudnya) ).

Sedikit cerita, dibalik air terjun dibelakang kami itu, katanya ada sebuah gua. Gua itu adalah tempat bersemedi patih Gajahmada dulu. Makanya tempat ini dinamakan Madakaripura. Tapi katanya belum ada orang yang berhasil masuk kesitu (tapi guanya beneran ada), karena tumpahan airnya cukup deras, bahaya.

Lensa kamera gak cukup ambil gambar sampai puncak, gak kepikiran buat pake mode panorama. Jadi ya hanya segitu yang tertangkap kamera. Tapi kira-kira beginilah puncak air terjunnya.

Cukup lama kami foto-foto, menikmati pemandangan dan bermain air disana. Cari spot-spot bagus buat foto. Akhirnya bapak guide ngajak agak kebelakang buat dapetin seluruh gambar air terjunnya. Okelah kami ikut aja, dan inilah hasil jepretan bapak guide.

Cukup kelihatan lah ya air terjunnya, tapi muka kami yang gak kelihatan, hahaha. Itu karna kami melawan arah cahaya, jadi item semua dah mukanya. Ilustrasi tabung yang aku maksud tadi di awal kira-kira seperti ini nih.

Pembaca CERIMU penasaran gak sama air terjun ini? Gak ya? Hmmmm penasaran dooonk, hehehe. Ini aku ada vidionya waktu di dalam tabung Madakaripura ini. Tapi sebelumnya maaf ya kalau kalian agak pusing lihatnya, hehehe. Silahkan buka link berikut Tabung Air Terjun Madakaripura .

Gimana? Sudah terbayang seperti apa air terjun Madakaripura? Oh ya, abaikan para wanita yang agak cerewet itu ya, hihi. Ngomong-ngomong, sepertinya adek saya sedang lelah, kameranya pake diputer-puter gitu yak? Hmmmm kameramen tidak professional, pas aku ngomong juga main di alihin aja, yaaaaaah… Tapi gak apa-apa deh, yang penting dapet momen di tabung madakaripuranya, hehehe.

Sebelum balik pulang, sempetin dululah foto-foto lagi, salah satunya ini nih. Pose apa ya? Hahahaha.

Hahahahha. Sudah selesai. Selanjutnya kami pulang, karena ternyata semakin siang debit airnya semakin besar. Ya sudah. Saranku bagi pembaca yang mau kesana berangkat pagi dan jangan molor biar bisa puas main disana, okay? Buat bapak guide, kami beri imbalan yang cukuplah. Untuk kalian yang kesana, gak apa-apa pakai jasa mereka. Ya hitung-hitung kita membantu perekonomian masyarakat disana.

Perjalanan pulang Alhamdulillah lancar sampai ke parkiran mobil walau saya sempat agak terpeleset, hahaha. Oh ya, cerita perjalanan kami belum selesai. Selanjutnya ada cerita super duper seru dari kami. Perjalanan GJ, deskripsi alamat rumah Lida (ini fenomenal). Siapapun nanti yang bisa menemukan letak rumahnya, aku kasi hadiah deh, hahaha. Cerita tersebut udah aku putusin buat diposting di post selanjutnya. Kalau numpuk disini, bisa teler yang baca, hehehe. Tunggu kelanjutan kisah kami ya….!

Itulah pengalaman seru aku dan teman-teman berpetualang ke air terjun madakaripura. Mohon maaf kalau ada salah kata. Saya hanya orang yang suka menulis dan menuangkan apa yang ada dalam otak saya. Saya bukan penulis professional, jadi harap maklum kalau tulisannya tidak sesuai EYD, haha. Semoga tulisan saya kali ini bisa menginspirasi.

Wassalamualaikum wr wb

안녕히 가세요.

NB : Jangan lupa reaksinya ya, makasih....