Jumat, 15 Maret 2013

LELAKI BERSARUNG



Assalamualaikum, Wr Wb. Bismillahirrahmanirrahim…

Subhanallah,, seorang lelaki akan terlihat sangat tampan pada saat turun masjid setelah selesai sholat Jum’at. Pakaian yang rapi, sopan dan santun membawa aura tersendiri bagi mereka. Yang jelek menjadi tampan. Yang tampan menjadi semakin tampan. Aku memberi penilaian seperti itu karena pada dasarnya aku suka sekali melihat seorang lelaki menggunakan sarung. Aku lebih suka melihat lelaki bersarung, menggunakan baju koko atau hem lengan panjang atau kaos, yang penting dia bersarung. Atasnya mau pakai baju apa sih tidak masalah. Lelaki bersarung itu ibarat emas buatku. Sangat menarik. Justru penampilan seperti itu yang membuatku malu sendiri. Aku suka lelaki bersarung, tapi aku tidak bisa memandanginya lama-lama. Aku hanya bisa tersenyum di bibir dan dalam hati. Memuji ketampanan mereka.

Aku menyesali perubahan jaman saat ini. Sudah jarang sekali aku temui lelaki bersarung. Yang banyak aku lihat saat ini malah Bapak-bapak dan Kakek-kakek yang bersarung menunaikan shalat Magrib di Masjid. Dan biasanya pada saat Shalat Jumat, itupun kebanyakan yang pakai sarung adalah Bapak-bapak dan kakek-kakek. Sedangkan para lelaki muda saat ini, mereka lebih suka menggunakan celana untuk sholat berjema'ah di Masjid. Pemandangan yang menyedihkan. Padahal nih ya, menurutku lelaki itu lebih bagus menggunakan sarung. Lebih berwibawa, hehehehe.

Contoh lelaki bersarung idolaku adalah Bapakku. Setiap hari dirumah, beliau selalu menggunakan sarung. Entah itu untuk Sholat, bersantai di depan rumah, main ke tetangga dan untuk tidurpun beliau menggunakan sarung. Tapi kalau lagi kerja bakti atau lagi beberes halaman rumah, beliau menggunakan celana pendek selutut. Lelaki bersarung kedua idolaku adalah kakakku. Beliau hampir sama dengan Bapakku, menggunakan sarung dirumahnya setiap hari.

Dulu waktu SMA aku pernah main kerumah temanku. Waktu itu sih ceritanya aku sama teman-teman lagi jengukin dia yang lagi sakit. Nah temanku itu cowok, namanya Yuska. Nah pas dah nyampek rumah dia, eeeehhh tenyata dia pake sarung. Pertama kalinya aku lihat teman SMA-ku pakai sarung. Wah, perasaan tiap hari liat dia aku biasa-biasa aja, eh ngeliat dia pakai sarung, aku jadi malu sendiri. Dan akhirnya aku suka sama dia. aku suka sama dia karena aku pernah lihat dia pakai sarung. Sumpah deh, ganteng banget (waktu itu), hehehe. Ya, sekedar suka sih, gak ada lanjutannya, hehehe.

Ini aku ada sumber tentang memakai sarung bagi lelaki. Maaf Cuma satu, waktu browsing internetnya lemoto, hahaha. Silahkan cari sendiri tentang manfaat menggunakan sarung. J

“Shalat dalam keadaan memakai izar (sarung) lebih baik daripada shalat dalam keadaan hanya memakai celana yang diluarnya tidak ada pakaian lainnya (semacam jubah). Karena izar (sarung) lebih sempurna dalam menutupi aurat dibanding hanya memakai celana panjang saja.”
[Majmu’ Fatwa Ibni Baz 10/414]

Aku yakin banyak sekali manfaat menggunakan sarung. Rasulullah saja berulang kali dan banyak membahas tentang penggunaan sarung pada saat shalat dan hari-hari biasa. Semoga sarung tidak akan pernah punah dari Indonesia. Semoga suatu saat aku diperkenankan mendapatkan suami yang hobbinya pakai sarung, hehehe.

Udah dulu ya, hehehehe. Sebenernya lagi iseng aja bikin tulisan ini. Tadi siang abis jalan-jalan beli makan trus barengan sama turun Masjid Jum’atan. Kepikiran deh bikin tulisan ini, hehehehe. 

Wassalamualaikum...
Maaf kalau tulisannya jelek. 

1 komentar: