Selasa, 03 September 2013

Pengalaman Seru ke Gunung Bromo

Assalamualaykum. .
Bromo tengger, terletak di Kabupaten Probolinggo. Jadi ceritanya ini pengalaman pertamaku ke gunung Bromo. Padahal rumahku gak jauh-jauh amat dari Prbolinggo, paling 3 jam perjalanan dah nyampek. Tapi ya gitu, gak pernah sempet jalan-jalan kesana. Banyak alasan lain juga sih. Aku ini penderita Astma, alergi dingin juga. Padahal aku paling suka tempat wisata alam. Lebih mengena di hati, lebih bisa bersyukur, lebih luar biasalah. Selama ini paling sering ya ke pantai doang, hahahahaha.

Oke langsung aja. Aku punya teman, namanya fitriarma putri santoso. Biasa dipanggil puput. Tapi aku manggil dia "Mak". Kenapa? Ah aku juga gak tau kenapa panggil dia Mak.. Hehehe. Jadi kemaren sekitar bulan Mei 2013, kami sibuk mengurusi beasiswa Magister. Sempat ngobrol si emak pengen wisata. Nah aku tawarin gimana kalo backpacker-an aja.. Dia mau dan rencana pertama itu ke Pasir Putih di Situbondo. Oke jadi kita kesan. Udah nentuin tanggal. Bulan September rencananya. Eh ditengah jalan, ganti pengen ke bromo. Berhubung aku juga belum pernah kesana, ya udah aku iyain aja. Rencananya berangkat tanggal 24 Agustus kemren. Oke.. Aku langsung tanya-tanya adekk dan twmwn-temenku yang udah pernah kesana. Bawa apa aja n tujuannya kemana aja. Awalnya di otakku bawa barang banyak bgt,jaket baju sepatu dan lain-lain. Tapi ternyata cuma bawa jaket satu but dipake ntar, baju lengan panjang satu, kaos kaki dobel, sandal gunung, celana olah raga dobel (bagi yang gak kuat dingin), kalo kuat celana satu aja cukup, terus sama sarung tangan. Udah. Ya udah aku bawa itu aja. Nah lucunya si emak itu bawa barang buayaaaaak bgt. Kayak mau mudik. Diantara semua yang ikut, cuma tas gue yang paling enteng, tipis, gak ada isinya. Jadi enak pas disana. Mendaki hadi ringan gak bawa beban berat2. Beda lagi kalo mau ke Semeru. Kan di Bromo gak nginep, cuma semalam. Jadi bawa seperlunya aja. Nah itu tips dari saya. Oke. Cukup cerita tentang barang bawaan.

Selanjutnya. Kami berangkat jam 11 malam. Terlalu cepet sih. Enaknya jam 12 malam. Cuma karna mobilbya datang jam 10 ya udah berangkat aja. Daripada tu mobil dianggurin,hohoho. Nyampek di bromo, di parkiran mobil sekitar jam 2 pagi. Oke sambil cowok-cowok cari hartop, nah aku beki gorengan. Lumayan buat ganjel perut,hehehe. Setengah jam berdebat dengan sewa hartop, akhirnya dapatlah harga 650ribu rupiah untuk 8 orang. Smpek sumpel-sumpelan. Tapi gapapa deh, asik kok. Hehe. Tujuan pertama yaitu Penanjakan, untuk melihat sunrise. Wah jalannya seru, naik dan menggok-menggok. Serem, tapi supirnya handal. Jadi seru, hahahaha. Sekitar 30 menit perjalanan pake hartop, akhirnya sampailah kita di Penanjakan. Begitu keluar dari hartop, brrrr udaranya duingin bgt.. Nah biar aku gak kaku nih, bersegeralah aku bergerak-gerak. Pokoknya bergerak, jangan diem, ntat malah tambag dingin. Kana jaket gue yang palibg tipis diantara yabg lain, ya udah aku gerak duluan, naik duluan. Mereka semua pada pelan banget jalan di belakangku,hahaha, aku jadi gak enak, tapi mau gimana lagi, daripada aku beku, ntar malah nyusahin mereka. Hmmm 5 menit akhirnya nyampek juga di puncak tertinggi Penanjakan. Aku langsung aja cari pager paling depan. Aku liat jam masih jam 4an lewat cuy. Buset masih lama. Mau gerak, susah banyak orang. Akhirnya aku diam di tempat. Wis mbatin iki mari ngene matek aku membeku. Bener deh, nunggu sunrise 1,5 jam lebih dan aku hanya diam ditempat. Jadi beku, ujung jari suakiiit bgt karna kedinginan. Gak karuan rasanya. Saat itu aku merasa menyesal udah kesana. Tapiiii setelah penantian panjang (berasa lama karena dingin bgt) munculnya mentari indah nan hangat. Semua orang bersorak WOOIIII!!!!. Terbayar sudah perjuangan. Sama sekali hilang penyesalan (karna badan udah hangat,hehehehe). Pengen lagi kesana pengen pengen pengen. Yang lain pada sibuk berfoto, aku mah gak mikirin yang namanya foto. Aku sibuk mengagumi ciptaan Allah yang luar biasa. Waw. Badanku juga gatel2, kumat alergi dingin. Jadi wes gak mikir mau poto2, pengen ndang turun!!

Tujuan berikutnya adalah kawah. Oh ya ni aku ppsting dari HP. Jadi gak leluasa buat insert poto. Ntar deh ku edit lagi di laptop. Oke lanjut. Dari Penanjakan ke Kawah butuh waktu sekitar 30 menitan lah. Begitu sampai disna, waw, lautan pasir membentang. Gunung Bathok di depan mata. Waw. Bagus banget. Dan kawah berada di ujung. Aku lihat dia berada di depan mata, tapi kenapa orang2 yang kesana ukurannya jadi kecil kayak semut ya? Hmmmmm jauh bgt ni. Tapi gapapa lah, lanjot. Perjalanan ke puncak kawah lumayan berat. Selain jauh dan naik, medanny juga berupa pasir, jadi susah untuk menahan langkah. Selain itu juga, karna waktu itu musim kering, wah debu pasir beterbangan dimana2. Harusny bwa kaca mata, dan masker mulut hidung itu penting bgt!! Berhubung jarang olah raga, perjalanan ke puncak hampir memakan waktu 1 jam meeen. Gilak. Tapi seru. Ntar aq posting gambar2nya ya. Setelah puas melihat kawah belerang, akhirnya kami turun, buset cepet bgt. Setengah jam gak nyampek sh, eh udh di bawah aja. Melihat lagi kebelakang seakan tidak percaya beberapa menit yang lalu aku disana. Subhanallah. Setelah puas di kawah, tujuan selanjutnya ke pasir berbisik dan bukit teletubbies.

Disana gak kalah keren, padang savanah membentang luas dimana2. Tapi sayang coklat semua alias kering. Tapi untuk bukit teletubbies masih hijau,keren. Disana kami sebentar, cuma 15 menit, karna miskom dengan supir hartop. Setelah dirasa cukup, kami pulang kembali lagi ke parkiran mobil.
Kali ini aku cuma dapat sedikit gambar karna sibuk memandangi pemandangan yg indah. Lain kali saat aku kembali kesana, aku tak foto2 seeepuasnya,hehe. .

Sekian dari aku. Oh ya, ini ak ada tips bagi yang inging kesna tapi ngirit,hehe.
Jadi gini, setelah aku pulang kerumah dan bertemu dengan adikku, aku cerita semua. Kagetlah dia dengan biaya n gambar yang aku dapat. Secara dia gak cuma sekali kesana, dah berkali-kali.
Jadi gini. Sebenarnya paling enak kesana itu pas musim hujan, pilihan yang tepat. Karna pas musim hujan, pasirnya lebih bersahabat, dia akan padat, jadi enak buat naik motor. Selain itu padang Savanahnya juga hijau, gak coklat. Jadi jauh lebih bagus. Kekurangnya cuma satu. Udara jadi jauh lebih dingin. Jadi sedia jaket minimal 2. Hmmm kayaknya itu aja deh. Ntar aku tambahin kalo ada info lagi.

Semoga aku bisa kembali lagi kesana. Tujuanku berikutnya, ke Kawah Ijen dan Muncak di Semeru. AMIN.

Terima kasih ya sudah mau membaca.
Wassalamualaykum Wr Wb. .